4 Tips Menjadi Juara Umum di Sekolah, No.4 Penting!

tips menjadi juara umum di sekolah

Juara, sesuatu yang direbutkan siswa sekolah, didasarkan pada nilai kognitif dan keterampilan. Setiap anak sekolah tentunya berharap untuk mendapatnya. Mulai dari juara mata pelajaran, juara kelas, hingga juara umum.

Kadang kala, apapun dihalalkan untuk mendapatkan nilai yang dijadikan dasar penilaian juara, contoh perilaku tersebut menyontek. Ingat ya, bukan juara jika menyontek, jadi jangan pernah berpikiran untuk menyontek hanya karena ingin menjadi juara.

Menjadi seorang juara, terutama juara umum mungkin bukanlah hal yang mudah, namun juga bukanlah hal yang sulit. Ketika kita menginginkan untuk menjadi juara, maka tanamkan dalam hati niatan itu. Dan sebaik-baiknya niatan hanya karena Tuhan. Ada berbagai tips menjadi juara umum di sekolah, berikut ini merupakan tips untuk menjadi juara umum:

1. Belajar

Tentu tips yang pertama adalah belajar. Sebenarnya belajar juga bukan hanya karena ingin mendapatkan juara. Belajar adalah suatu kewajiban bagi seorang siswa. Daripada banyak melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat di masa muda, lebih baik memanfaatkan waktu untuk belajar.

Baca juga: Cara Belajar untuk Ulangan Harian

Satu jam dalam sehari saja sudah cukup, dari pada tidak sama sekali. Namun akan lebih baik lagi jika waktu belajar itu lebih lama lagi dan efektif tentunya. Tanamkan dalam hati bahwa belajar itu penting. Dengan belajar, satu per satu halangan untuk menggapai cita-cita pun hilang.

Jangan pernah malas untuk belajar. Karena sejenius apapun seseorang, masih saja dia butuh belajar, baik untuk memperdalam ilmunya ataupun mencaritahu hal-hal baru.

Buatlah suasana belajar yang nyaman. Cari kenyamanan itu. Misalnya kamu lebih suka belajar dengan secangkir kopi ditempat yang tenang dan diiringi alunan lagu yang indah. Atau kamu lebih suka belajar di keramaian bersama teman-teman, layaknya di kelas.

Belajar sambil bermain mungkin tapi tetap harus serius. Atau kamu suka belajar di kamarmu sendiri, karena kamu anggap itu tempat paling nyaman untuk belajar. Intinya buatlah dirimu senyaman mungkin dalam belajar. Mungkin, kamu harus tahu cara belajar remaja Korea. Siapa tahu cara belajar mereka bisa kamu tiru.

Cari referensi belajar dari berbagai sumber, jangan hanya mengandalkan buku yang diberikan sekolah saja. Kebiasaan para juara adalah mengumpulkan banyak buku yang dianggapnya dapat membantu proses pembelajaran mereka. Mulai dari kumpulan rumus singkat hingga buku teori tebal. Intinya mereka tidak mau melewatkan satu materi pun.

Oleh karenanya, jika ingin menjadi seperti mereka, maka ikuti caranya dengan mencari referensi belajar sebanyak-banyak. Jangan hanya dicari, tapi juga dipelajari. Tidak harus hardcopy, malah softcopy lebih baik karena lebih mudah dibawa kemana-mana.

Kecanggihan teknologi pada masa ini pun tidak akan menyulitkanmu untuk mendapatkan referensi, bahkan referensi dari luar negeri pun dengan mudah bisa didapatkan. Tinggal bagaimana caramu menyaring informasi-informasi tersebut, karena terkadang kebenaran dari informasi-informasi tersebut harus dicari terlebih dahulu.

2. Ikut Bimbingan Belajar

Selain belajar sendiri, ada baiknya untuk mengikuti program bimbingan belajar (bimbel). Tapi ini bukanlah keharusan, hanya referensi saja. Melalui bimbingan belajar ini, proses pembelajaranmu lebih terarah karena ada mentor yang memimpinnya.

Setidaknya, dengan program bimbingan belajar tersebut, waktu belajarmu teratur. Tapi ingat, jangan melewatkan kelas bimbingan belajar. Apalagi sengaja untuk telat. Sebab kelas bimbingan belajar mahal, kasihan orangtuamu jika kelas tersebut disia-siakan.

Kelas bimbingan belajar ada berbagai macam jenisnya, mulai dari satu mata pelajar, hingga beberapa mata pelajaran. Pilihlah sesuai dengan kebutuhanmu. Sesuaikan dengan kondisi dan keadaanmu, jangan mengikuti teman, karena setiap orang kemampuannya berbeda-beda.

Cari kelas bimbingan belajar yang sesuai seleramu. Sekarang ini banyak sekali tempat-tempat yang menawarkan kelas bimbingan belajar dengan berbagai macam janjinya.

Jangan hanya termakan janji manisnya, pastikan betul bahwa bimbingan belajar yang kau pilih adalah yang terbaik dan sesuai dengan selera. Lagi lagi jangan mengikuti teman, karena niatmu belajarkan?

Namun, bukan berarti kamu harus mengikuti bimbingan belajar untuk menjadi juara umum. Kamu bisa belajar secara otodidak karena tidak jarang para juara umum yang ternyata tidak mengikuti bimbingan belajar. Misalkan, kamu lebih suka belajar bahasa inggris otodidak. Kamu harus tahu bagaimana cara belajar bahasa inggris otodidak

3. Berusaha untuk Mendapatkan Nilai Sempurna

Salah satu tips menjadi juara umum di sekolah ini ternyata banyak dilakukan oleh para siswa yang juara umum, loh.

Mengapa sempurna? Sebenarnya itu hanya doktrin saja. Kalian ingat salah satu qoute dari soekarno, “Bermimpilah setinggi langit, jika engkau jatuh, engkau akan jatuh diantara bintang-bintang”. Nah doktrin nilai sempurna tadi dapat ditanamkan sama halnya dengan qoute tersebut.

Setidaknya dengan mengharapkan nilai sempurna, meskipun hasilnya belum tentu sempurna, nilai yang didapat tidak akan jauh dari sempurna. Dengan syarat belajar setiap ada ulangan. Targetkan setinggi mungkin, jangan pernah berpikir tidak mungkin. Coba terlebih dahulu.

Jangan lupa untuk membuat grafik dari nilai-nilai yang didapat. Hal ini bertujuan agar mengetahui peningkatan ataupun penurunan yanh dialami.

Baca juga:  Cara Belajar Remaja Amerika

Jika menginginkan juara umum, tentunya harus menghindari penurunan nilai, kalaupun sudah terjadi, buatlah agar nilai selanjutnya meningkat dan dapat menutupi kekurangan nilai sebelumnya. Karena aspek dari juara umum adalah nilai, maka sebaik mungkin untuk membuat target nilai.

Setidaknya kamu tahu seberapa besar nilai yang harus didapat untuk menduduki juara umum. Mungkin hal ini terlihat tidak terlalu penting, namun hal ini adalah salah satu cara untuk mengontrol nilai yang didapat. Dengan begitu, nilai yang didapat bisa sesuai dengan harapan.

Selain nilai kognitif, nilai keterampilan juga diperlukan. Salah satu cara untuk mendapatnya adalah dengan aktif dalam proses belajar mengajar. Aktif tanya jawab dalam pembelajaran. Namun jangan sampai keaktifanmu mengganggu teman-temanmu yang lain.

Aturlah agar kamu tetap aktif tanpa mengganggu proses belajar mengajar teman-temanmu. Selain itu, nilai keterampilan juga bisa didapat dari nilai praktik. Contohnya fisika, ketika akan ada praktik fisika, pelajarilah terlebih dahulu materi yang akan dipraktekan.

Jika memungkinkan, praktikkan dirumah terlebih dahulu atau melihat tutorial di youtube. Hal ini bertujuan pada saat praktik yang sebenarnya, kamu sudah bisa dan benar dalam melakukannya, sehingga nilai keterampilan kamu baik.

Nilai keterampilan juga bisa didapat dari tugas-tugas lain, oleh karenanya jangan pernah sekalipun menyepelekan tugas. Jika kamu tidak menyepelekan tugas. Maka mungkin tips menjadi juara umum di sekolah ini benar-benar ampuh buatmu.

4. Belajar dari Kesalahan

Belajar dari kesalahan merupakan salah satu tips menjadi juara umum di sekolah yang sangat amat penting. Mengapa demikian? Karena sebagai calon juara umum, sebaiknya kamu meminimalisir kesalahan-kesalahan yang kamu buat.

Hal ini berkaitan dengan pandangan orang lain terhadap kemampuanmu. Semakin sedikit melakukan kesalahan, maka orang lain akan beranggapan bahwa kamu benar-benar memiliki kemampuan dan memang cocok menjadi seorang juara umum.

Jangan takut jika melakukan kesalahan, tapi kamu harus ingat untuk selalu belajar dari kesalahan yang telah diperbuat. Perbaiki apa yang menjadi pokok kesalahan tersebut. Jangan lupa untuk mengintropeksi diri, sehingga kamu menyadari kesalahan-kesalahan apa saja yang telah dilakukan.

Baca juga: Cara Belajar SBMPTN Tanpa Bimbel

Mulai lagi, buka buku baru, tulis ulang dengan pedoman kesalahan yang lalu. Sehingga diharapkan di masa yang akan datang tidak ada lagi kesalahan yang sama. Contohnya saat kamu menghadapi ulangan, lalu setelah dikoreksi ternyata jawabanmu salah, maka perhatikan yang salah.

Perbaiki dan selalu diingat agar tidak salah untuk kedua kalinya. Akan tetapi jangan melupakan jawaban yang sudah benar yang sudah benar. Intinya perhatikan semua aspek, baik benar atau salah.

Kesimpulan dari Tips Menjadi Juara Umum di Sekolah:

Ada 4 tips menjadi juara umum di sekolah, yaitu senantiasa belajar, ikuti bimbingan belajar, berusaha mendapatkan nilai sempurna, dan belajar dari kesalahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *