Pilih Laman

 

Fisika itu bukanlah ilmu yang sulit, percayalah. Hanya saja, kita butuh menumbuhkan perasaan khusus padanya. Menaruh hati yang lebih terhadapnya. Jika kalian bertanya, “Kok gitu sih?”. Analoginya seperti ini, jika kita menyukai sesuatu, menaruh hati yang lebih terhadap sesuatu, maka sesuatu itu akan menyita perhatian kita.

Sehingga apa? Sehingga intensitas kita untuk berinteraksi kepada sesuatu tersebut akan semakin sering, alhasil sesuatu tersebut akan menjadi bagian dari diri kita. Dan jika itu sudah menjadi bagian dari diri kita, tidak ada pagi kata sulit didalamnya, betul tidak? Lalu apa saja sih tips menguasai fisika dengan cepat dan mudah?

Pertama, doktrinkan dalam diri bahwa fisika itu aku. Aku itu fisika

Fisika adalah aku. Aku adalah fisika. Dengan begitu, lama-kelamaan kita akan menganggap bahwa fisika adalah bagian dari dalam diri. Yakinkan juga bahwa fisika bukanlah sesuatu yang sulit, hanya saja butuh waktu untuk mempelajarinya.

Tanamkan doktrin-doktrin itu didalam hati dan pikiran. Jadikan doktrin tersebut sebagai self-hypnosis. Dengan begitu, secara tidak langsung kita sudah mulai membiasakan diri dan akhirnya menyukai fisika. Metode ini adalah metode yang paling mendasar. Jika metode ini berhasil, peluang untuk kalian mudah belajar fisika semakin besar.  Tips menguasai fisika dengan cepat ini akan membantu kamu untuk mematangkan mindset tentang fisika itu sendiri.

Baca juga: Cara Belajar SBMPTN Tanpa Bimbel

Kedua, pelajari dahulu dasar-dasar dari ilmu fisika

Mengapa demikian? Sebab fisika merupakan ilmu turunan, rumus yang satu diturunkan menjadi rumus lainnya. Rumus yang sangat simpel, contohnya s=vt bisa dibuat menjadi rumus panjang dan “njelimet” seperti pada glbb. Nah karena itu, usahakan untuk paham dasar-dasarnya.

Guru saya pernah berkata “Pahami konsepnya, jangan liat rumusnya”, maksudnya adalah dengan memahami konsep, kita dapat menemukan rumus-rumus lain dan tidak terpaku dengan rumus yang ada. Selain itu, dengan memahami konsep, kita dapat melatih imajinasi kita dan mengembangkan pola pikir kita.

Fisika itu ilmu yang sangat sangat membutuhkan imajinasi, oleh karenanya sangat perlu untuk melatih imajinasi itu. Contohnya saja, jika ada soal mengenai rotasi yang dialami ban mobil saat melewati tikungan. Bukankah kita butuh mengimajinasikan bagaimana rotasi ban mobil itu? Pasti.

Contoh lainnya, jika ada soal mengenai berapa periode sebuah planet mengintari matahari dengan keadaan orbit elips, nah lebih susah lagi kan? Sebab kita tidak dapat mempraktikannya, kita hanya bisa mengimajinasikannya. Sekali lagi imajinasi itu sangat penting dalam fisika.

Baca juga:  Cara Belajar untuk Ulangan Harian

Ketiga, sering-sering latihan soal

Fisika memang tidak sulit, tapi kita butuh untuk melatih keterampilan dalam memecahkan masalah agar fisika yang tidak sulit menjadi sangat mudah hehe. Mulailah latihan soal dari soal yang mudah, yang hanya menggunakan 1 rumus. Ini adalah salah satu tips menguasai fisika dengan cepat yang harus kamu tiru.

Jika kalian sudah merasa terbiasa dengan 1 rumus tersebut, kembangkan latihan kalian ke soal yang menggunakan 2 rumus. Begitu seterusnya, hingga kalian berhasil menguasai soal fisika yang menggunakan banyak rumus, atau sering disebut soal kompleks.

Dalam melatih keterampilan ini, kalian butuh ketekunan yang tinggi, serta kesabaran yang luar biasa. Karena saat melatih itu, ada saatnya kalian merasa “kok gabisa-bisa ya aku”, “kenapa soalnya rumit sih”, “kepalaku sudah mulai mendidih, tapi soalnya tak kunjung usai”, “aku ingin menyerah saja” dst, hilangkan pikiran-pikiran itu dari benak kalian, sebab pikiran-pikiran itu akan meracuni kalian dan membuat kalian akhirnya berhenti belajar fisika.

Oleh karenanya, tekun dan sabar merupakan salah satu kunci sukses untuk bisa menguasai fisika. Komitmenkan “Sesusah apapun itu, aku bisa”. Dengan menyakin hal tersebut, secara tidak langsung akan membuat kita bagaimanapun cara menyelesaikan soal, sesulit apapun itu.

Keempat, jangan malu untuk bertanya pada orang yang lebih menguasai

Jika pada suatu waktu merasa sudah berusaha maksimal namun belum menemukan jawabannya, maka bertanyalah pada orang lain yang lebih menguasainy, seperti guru, kakak kelas, teman atau lainnya.

Meskipun orang tempat bertanya juga belum tentu tau jawabannya, setidaknya dengan melakukan hal itu kalian bisa bertukar pemikiran, dan kemungkinan besar soal akan terselesaikan. Ingat, jangan pernah malu untuk bertanya. Ilmu fisika itu sangatlah luas. Jangan pernah merasa sudah menguasai semuanya.

Ada pepatah mengatakan “Malu bertanya, sesat dijalan” atau pendapat lain mengatakan “Malu bertanya, malu-maluin”. Maksud dari kedua kalimat tersebut adalah ketidaktahuan bukan untuk dipendam, melainkan untuk dicari tahu, salah satu caranya dengan bertanya. Maka dari itu, sangat penting untuk bertanya.

Kelima, buatlah kelompok belajar

Sangat menyenangkan bila kita bisa bertukar ilmu dengan teman. Bentuklah kelompok belajar fisika, baik dengan teman sekelas maupun dengan kakak kelas. Melalui kelompok belajar itu, kita bisa saling mengajari satu sama lain. Ingat mengajari bukan menggurui. Hal-hal yang harus dilakukan antara lain:

Baca juga: Tips Menjadi Juara Umum di Sekolah

  • Buat jadwal belajarmu, seminggu sekali paling tidak. Jadwal ini penting, sebab ini akan mempengaruhi keefektifan belajar. Bila perlu adakan absen, agar anggota kelompok belajarmu tidak semena-mena dapat datang ataupun tidak.
  • Buat juga list-list materi yang akan dipelajari kelompok belajarmu. Jangan sampai melewatkan satu materipun, karena dalam fisika materi-materinya mempengaruhi satu sama lainnya.
  • Buatlah masing-masing anggota bertanggung jawab untuk menguasai satu materi. Mengapa demikian? Dengan melakukan hal tersebut, belajar bersama akan terasa lebih mudah, sebab teman yang telah bertanggung jawab dengan materi yang akan dipelajari pada setiap pertemuan dapat menjadi tentor. Adanya seorang tentor ini dapat membantu dalam memimpin jalannya pembelajaran, sehingga proses belajarnya dapat berlangsung efektif.
  • Sediakan makanan bila perlu. Untuk memberikan semangat dalam belajar, perlu ada cemilan atau sejenisnya. Terutama yang manis, sebab makanan manis dapat mempercepat kerja otak. Tapi ingat, jangan hanya fokus makan saja hehe.
  • Sisipkan permainan dalam sekali waktu break. Selain makanan, permainan dapat juga memberikan semangat. Buatlah permainann yang ada unsur fisikanya. Misalnya praktek teori fisika, namun dalam suasana permainan.
  • Adakan kuis, setidaknya sebulan sekali. Hal ini dimaksud untuk menguji seberapa paham mengenai materi-materi yang telah dipelajari. Untuk soal yang dijadikan kuis, mintalah bantuan seseorang yang lebih menguasai fisika dari kalian.
  • KOMITMEN. Ini yang paling penting dalam membuat kelompok belajar. Menjaga komitmennya untuk belajar bersama, sehingga kelompok belajar ini dapat bertahan lama, dan berjalan sesuai fungsinya. Jangan hanya berlangsung satu atau dua kali saja.

Keenam, jangan lupa untuk membuat grafik proses belajar fisika

Hal tersebut berguna untuk mengetahui peningkatan proses belajar yang dilakukan. Pembuatan grafik tersebut bisa diasumsikan sendiri, namun harus sesuai dengan kenyataan, meningkat atau tidak.

Peningkatannya dapat dilihat dari jumlah dan kualitas latihan yang dikerjakan, kuis, intensitas belajar dan lainnya. Ingat, jangan membohongi diri sendiri dengan meningkatkan grafik tanpa ada peningkatan yang sebenarnya.

Bersikaplah sportif dengan diri sendiri dan tanamkan integritas, dengan begitu hasilnya pun akan sesuai dengan apa yang ingin didapatkan. Dengan melihat peningkatan melalui grafik tersebut, buatlah target-target baru untuk terus meningkatkan ilmu fisika.

Jangan pernah menyerah untuk belajar fisika. Lakukan berbagai macam cara agar ilmu fisika yang dipelajari itu asik dan mudah. Tanamkan dalam hati bahwa fisika itu tidak sulit, pelajari konsep dasar fisika, terus latihan soal, jangan malu untuk bertanya dan buat kelompok belajar. Masih banyak hal yang dapat membuat fisika itu tidak sulit.

Kesimpulan Tips Menguasai Fisika dengan Cepat:

Ada enam tips menguasai fisika dengan cepat, mulai dari doktrin dalam diri, pelajari dahulu dasar-dasar ilmu fisika, sering-sering latihan soal, jangan malu untuk bertanya dengan yang lebih menguasai, buatlah kelompok belajar, dan membuat grafik proses belajar fisika.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: