Dewasa ini kita tau bahwa berteman dengan lawan jenis adalah hal biasa. Justru kadang bergaul dengan lawan jenis kita lebih dapat melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda, karena berteman dengan lawan jenis dapat membuat anda memahami bahwa perbedaan jenis kelamin itu berarti berbeda cara menyikapinya. Bergaul dengan lawan jenis tidak semudah bergaul dengan sesama jenis. Berikut tips bergaul dengan lawan jenis:

  1. Mengetahui Batasan

Dari jenis saja sudah berbeda, tentunya akan berbeda pula cara menyikapinya. Berteman dengan lawan jenis sudah pasti harus memiliki batasan.

Kita harus tau sebatas mana wajar berteman dengan lawan jenis. Ketika lelaki dan wanita bergaul, sebagai wanita kita harus menjaga etika kita, walaupun lelaki tersebut adalah sahabat baik, namun lelaki tetaplah lelaki, anda tidak boleh berlebihan terhadapnya.

Memiliki teman lawan jenis memang menjadi tantangan berat dalam sebuah pertemanan. Namun jangan jadikan ini sebagai penghambat anda dalam bergaul dengan orang di sekitar anda. Anda tetap boleh baegaul, berteman, bahkan bersahabat, hanya saja anda harus mengetahui batasannya.

Baca juga: Cara Membina Hubungan Baik dengan Mantan

  1. Menjadi Pribadi yang Hangat

Pribadi yang hangat. Yang baik akan di sukai oleh banyak orang. Bukan hanya dalam hubungan sepasang kekasih. Namun di dalam sebuah pertemanan anda pula harus bisa menjadi pribadi yang hangat. Berteman dengan lawan jenis akan berbeda dengan pertemanan dengan sesama jenis.

Jika anda wanita tentunya berteman dengan sesama wanita mungkin bisa saja mudah. Karena hakikatnya wanita memiliki banyak kesamaan yang akan membuat mereka akan mudah bergaul.

Lain lagi dengan laki-laki. Laki-laki tidak mudah berteman dengan siapapun, dia mungkin hanya akan dekat dengan beberapa orang yang memang benar-benar memahami dia.

Maka dari itu sulit untukbergaul dengan lawan jenis jika anda tidak memilikipribadi yang hangat. Jika anda wanita. Maka anda harus pandai mencairkan suasana, mambuat teman anda tidak bosan dengan sikap anda.

Baca juga: Dampak Negatif Galau Bagi Remaja

  1. Pengertian

Bukan hanya dalam hubungan sepasang kekasih, pengertian pula harus ada di dalam sebuah pertemanan. Sebagai makhluk sosial tentunya kita memerlukan bantuan orang lain. Bentuk dari membantu orang lain itu termasuk dalam perhatian.

Sebagai teman yang baik tentunya kita harus memberi perhatian, hanya saja anda harus berhati-hati perhihal perhatian ini, karena tidak jarang lawan jenis anda akan memiliki sudut pandang berbeda terhadapperhatian anda. Karena perhatian itu sendiri dapat menimbulkan rasa melebihi sekedar berteman, maka dari itu anda harus berhati-hati, jangan sampai teman anda justru malah jatuh hati pada anda.

  1. Pendengar yang Baik

Sebagaimana mestinya dalam sebuah pertemanan kita harus saling mengerti maupun memahami. Kita sebagai tema harus bisa melihat teman anda dari berbagai sudut pandang dalam hidupnya. Bahkan tanpa ia mengeleuh anda sudah bisa menerka apa yang sedang di alaminya.

Pendengar yang baik sudah pasti teman yang baik, namun teman yang baik belum tentu pendengar yang baik. Sebagai seorang teman, anda sangat di tekankan untuk menjadi pendengar yang baik agar pertemanan di antara kalian dapat berhubungan baik.

  1. Memahami

Anda dan dia, adalah dua orang yang berbeda, dua manusia yang sifatnya yg tidaklah sama. Berteman dengan lawan jenismenuntut anda untuk memahami dia. Sifat keras kepalanya seorang lelaki harus anda redamkan dengan sifat lemah lembutnya seorang wanita.

Jika dalam pergaulan dengan lawan jenis anda. Anda tidak bisa memahami teman lawan jenis anda, kemungkinan pertemanan anda tidak akan terjalin dengan baik. Dalam pertemanan memang ntah itu dengan lawan jenis atau sesam jenis haruslah tetap saling memahami satu sama lain.

Pertemanan terjalin karena adanya rasa kenyaman, dan kenyamanan tersebut dapat anda ciptakan melalui rasa saling memahami satu dengan yang lainnya. Mulai sekarang timbulkanlah rasa saling memahami dalam diri anda.

Baca juga: Cara Membina Hubungan Saling Percaya

  1. Penyayang

Tidak selalu saling menyayangi itu hanya dalam hubungan kekasih saja. Saling manyayangi itu sudah semestinya kepada sesama manusia. Dalam pertemanan anda haruslah menyayangi teman anda. Karena dengan saling menyayangilah akan terciptanya suatu hubungan yang lebih akrab. Walaupun anda berteman dengan lawan jenis, menyayangi bukan berarti anda memiliki rasa mencintai seperti sepasang kekasih.

Kesimpulan dari Tips Bergaul dengan Lawan Jenis:

Ada 6 tips bergaul dengan lawan jenis, yaitu mengetahui batasan, menjadi pribadi yang hangat, pengertian, menjadi pendengar yang baik, memahami, dan penyayang