Pilih Laman

Baru-baru ini ada kabar, sekarang yang menentukan kelulusan adalah USBN bukan UN, ingat, jangan pernah jadikan itu sebagai alasan kamu menyepelekan pertarungan di UN.

Karna ada beberapa Universitas yang menjadikan nilai UN sebagai salah satu persyaratan peserta didik baru. Oleh karna itu, mau UN mau USBN mau jenis ujian apa pun sama saja, sama–sama pertarungan yang harus dimenangkan.

Untuk memenangkan pertarungan itu kita harus berusaha dan berkorban, modal terbesar untuk menang dalam pertarungan itu adalah belajar, sedangkan pengorban disini adalah mengorbankan waktu dan aktivitas yang lain untuk belajar.

Berikut ini saya akan membagi tips belajar UN SMA yang baik dan benar agar kamu lebih mudah belajar untuk persiapan ujian dan siap memenangkan pertarungan itu.

1. Melebihkan jam belajar 

Salah satu tips belajar UN SMA yang baik dan benar adalah dengan melebihkan jam belajar. Lebihkan jam belajar tidak seperti hari-hari biasa.

Kurangi jam bermain, mengisi waktu senggang dengan belajar dan konsistenlah pada jadwal pelajaran yang telah dibuat.

Banyak remaja yang kesulitan dalam memegang pendirian dalam menjalankan jadwal belajar yang dibuatnya sendiri, dan memilih bermain atau melakukan hal-hal yang dianggapnya lebih seru dari belajar.

Ingatlah, untuk menggapai sesuatu itu perlu pengorbanan, begitu juga untuk menghadapi UN, kita perlu mengorbankan sedikit waktu bermain untuk belajar.

Dalam membuat jadwal pelajaran, perlu kamu ketahui, jangan pernah ikut-ikutan atau mencontek jadwal pelajaran orang lain. pegang prinsip ini, boleh adopsi tapi adaptasi, kita boleh mencontoh jadwal orang lain tapi sesuaikan dengan diri kita.

Baca juga: Cara Belajar SBMPTN Tanpa Bimbel

Kenapa? Karena setiap orang memiliki karakter dan tingkat kenyamanan yan berbeda. Ada orang yang lebih senang belajar malam, waktu siang, sore, ada juga pagi hari, itu semua tergantung dari orangnya. Ada yang belajarnya satu kali sehari namun dengan waktu yang lama, ada juga yang berangsur-angsur dll.

Jadi dalam membuat jadwal sesuaikan dengan diri kita, lingkungan dan aktivitas. Jangan sampai belajar mengganggu aktifitas yang lain dan malah berdampak buruk.

2. Matikan/jauhkan gadget atau matikan notifikasinya

Sebagai remaja yang hidup di era modern seperti sekarang ini, gadget adalah barang yang tidak bisa jauh dari kehidupan kita. Oleh sebab itulah gadget adalah masalah terbesar remaja yang menghambat proses belajar.

contohnya saja, saat membaca buku lalu tiba-tiba dapat pesan dari teman, pasti kita akan mudah berpaling, yang tadinya ingin belajar jadi sibuk dengan gadget.

Juga, jauhkan pikiran dari hal-hal yang berhubungan dengan gadget dan tetap sibuk serta serius dalam belajar. Namun bagi kamu yang belajar dengan gadget atau barang elektronik lainnya, matikan notifikasi terlebih dahulu.

Jangan pernah menimbulkan atau mengingat hal-hal yang membuat penasaran dan menghambat proses belajar. Seperti penasaran dengan film terbaru, musik dll. Disitulah perlunya keseriusan dalam belajar.

Baca juga: Cara Belajar untuk Ulangan Harian

3. Jadikan belajar sebagai teman

Banyak remaja yang kesusahan dalam belajar karna merasa berat, kuncinya hanya satu jangan pernah merasa terbebani dan tersiksa dalam belajar.

Jadikan belajar sebagi teman dan sesuatu yang seru. “Bahagiakan dirimu dengan belajar” kata pepatah bijak. Jangan pernah berpikir bahwa belajar yang kita lakukan akan sia-sia, optimislah.

Kita belajar untuk mengumpulkan modal, tidak hanya untuk modal menjawab soal tapi juga modal untuk menjadi orang sukses ke depan.

Pegang prinsip ini, belajar adalah modal, semakin banyak kita belajar maka semakin banyak modal kita. Dan tidak lupa untuk tetap berpikir positif saat belajar, karna berpikir positif membuat kita lebih semangat, menjauhi kita dari sifat mudah mengeluh juga putus asa.

4. Belajarlah sesuai kisi-kisi yang diberikan

Kisi-kisi juga akan membantu kita untuk menerapkan tips belajar UN SMA yang baik dan benar. Kita tidak mungkin mempelajari seluruh materi.

Menguasai keseluruhan isi buku-buku tebal dan tidak tau apakah yang kita pelajari itu akan keluar di UN, itu tidak akan membantu malah akan membuat kita stres dan terbebani, tentu kita tidak ingin stres lebih-lebih di usia remaja.

Oleh karna itu kisi-kisi diberikan untuk memudahkan dan membantu siswa dalam belajar, kisi-kisi fungsinya seperti pagar yang membedakan antara mana yang di luar dan di dalam, kita hanya perlu menguasai dan menajamkan yang didalam pagar,

Tapi bukan berarti kita tidak mempelajari yang di luar kisi-kisi, kita hanya menajamkan yang di dalam kisi-kisi dan tetap mempelajari yang ada di luar kisi-kisi meski tidak menguasai secara keseluruhan seperti yang ada di dalam kisi-kisi.

Baca juga: Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Tapi ada juga remaja yang sudah diberi kisi-kisi namun tetap memilih-milih pelajaran, alasannya karna pelajaran yang ini sulit, membingungkan, terlalu berbelit dll.

Seperti yang saya bilang tadi, jika kita ingin menang dalam pertarungan kita harus berusaha, setiap usaha memerlukan pengorbanan, oleh karena itu optimis dan berusahalah.

5. Ikut belajar kelompok

Tips belajar UN SMA yang baik dan benar adalah dengan tidak belajar sendirian. Belajar kelompok akan membantu kita dalam menyelesaikan masalah atau kesulitan dalam memahami pelajaran.

Juga belajar kelompok membuat kita lebih santai dan tenang dalam belajar, ingat, belajar kelompok, niat kita untuk belajar, bukan hanya datang untuk berkelompok.

Kebanyakan remaja sekarang, saat belajar kelompok hanya niat dan janji di mulut, tidak di hati, ujungnya saat berkumpul hanya sebentar belajar dan akhirnya membahas hal lain bahkan hal yang tidak penting.

Bukannya tidak boleh untuk membahas hal lain dalam proses belajar kelompok, ingat niat utama kita adalah untuk belajar, sesekali diiringi canda boleh saja, itu akan membantu dan membuat kita lebih santai dalam belajar.

Selama proses pembelajaran jika ada pertanyaan maka beranikan diri untuk menanyakannya, jangan pernah malu untuk bertanya. Jika ada pertanyaan yang selama ini belum terjawab, maka tanyakanlah pada orang yang mengerti dan menguasai materi.

Tidak mungkinkan kita bertanyanya sewaktu ujian, jika kita masih takut untuk bertanya, andaikan pertanyaan kita keluar di soal, apa yang bisa kita jawab.

Jika kita takut bertanya, maka pertanyaan akan selamanya tidak terjawab, kita hanya berusaha sendiri dan menunggu waktu untuk menjawabnya, itu akan membuat kita jadi semakin bingung dan menurunkan optimis kita, juga akan membuang-buang waktu.

Ditambah lagi jikalah kita menunda-nunda pertanyaan, maka pertanyaan itu akan terlupakan dan tak akan terjawab, akhirnya pemikiran kita jadi mengambang.

Semakin banyak kita bertanya artinya semakin luas wawasan kita juga akan membuat kita lebih kritis terhadap suatu hal.

Jadinya dalam suatu pelajaran kita dapat menguasainya secara sempurna dan tidak mengambang dalam memahami materi. Juga kita harus berani menyanggah selama belajar, hal itu akan menambah keyakinan dan membuat pelajaran mudah melekat di otak.

6. Berlatih dengan soal tahun lalu

Agar kita lebih siap dalam menjawab soal saat ujian dan menambah pengetahuan, maka kita harus membuat diri terbiasa dengan soal-soal. Rajinlah berlatih dengan soal-soal yang sudah-sudah.

Di era modern sekarang, hampir setiap remaja memiliki android atau barang elektronik lainnya, soal-soal sangat mudah kita dapatkan salah satunya di media elektronik, tinggal kita saja sebagai remaja yang harus mau berlatih denga soal-soal itu.

Dengan berlatih menjawab soal yang sudah-sudah, kita dapat mengukur kemampuan kita, sampai dimana kemampuan dan dimana letak kelemahan kita.

Banyak kita temui soal yang keluar dalam ujian ada kesamaan dengan soal yang sudah-sudah, jadi ketika kita berlatih dengan soal yang sudah-sudah kita akan mendapatkan sedikitnya gambaran tentang soal yang akan kita jawab saat ujian, itu akan meringankan dan membuat kita lebih optimis dalam belajar.

7. Banyak membaca

Membaca akan menambah pengetahuan dan memudahkan kita menghafal atau mengingat suatu materi. Buku adalah jendela dunia.

Buku juga salah satu sumber informasi, jadi dengan membaca akan menambah pengetahuan kita dan membuat kita tidak mengambang dalam memahami suatu pelajaran.

Membaca tidak harus dengan buku, dari internet juga bisa juga segala jenis sumber informasi, tapi jangan mudah menerima suatu informasi bila tidak jelas sumbernya, pilihlah informasi yang tepercaya.

Dalam membaca diperlukan keseriusan dan ketekunan agar apa yang kita baca dapat kita pahami dan melekat di otak kita.

Lebih-lebih kita sebagai remaja, otak kita masih mampu mengingat dan menyimpannya dengan baik. Seperti yang saya katakan tadi, lain orang lain diri, juga cara orang belajar.

Baca juga: Cara Belajar Remaja Korea

Ada yang membaca dengan pelan-pelan, tergesa-gesa, ada yang membaca di dalam hati, ada yang membaca dengan suara kuat dan lantang.

Cara membaca yang baik ialah dengan membacanya dengan pelan-pelan dan dengan suara yang tidak mengganggu orang agar apa yang kita baca mudah kita mengerti dan pahami.

Ingat, jangan pernah melakukan cara kotor untuk menghadapi ujian, percayalah dengan kemampuan diri sendiri, untuk dapat percaya dengan kemampuan sendiri, kita harus punya modal.

Modal itulah yang harus kita kumpulkan. Ingat kuncinya, lakukan yang terbaik dan tetap optimis. Jangan sia-siakan masa remajamu, karna dimasa itulah saat yang paling tepat untuk kamu mengumpulkan modal.

8.Belajar dengan latar yang baik

Agar apa yang kita pelajari mudah kita pahami maka kita perlu memilih latar belajar yang baik. Ini merupakan tips belajar UN SMA yang baik dan benar serta sangat penting untuk kamu perhatikan.

  • latar tempat, pilihlah tempat yang sesuai untuk belajar, seperti di ruang belajar, kamar dan hindari belajar di tempat yang bisa mengganggu proses belajar, seperti di depan TV, di dekat orang yang sedang berbicara dll.
  • latar waktu, pada nomor 1 telah di jelaskan tentang jadwal belajar, waktu belajar haruslah waktu yang tepat, dan pilihlah waktu yang lama agar tidak tergesa-gesa dalam belajar, dan jika ada waktu senggang gunakanlah untuk belajar walau sekedar membaca.
  • latar suasana, pilihlah suasana yang tepat dalam belajar, suasana yang dapat membuat kita nyaman dalam belajar, hal itu akan memudahkan materi tersimpan di otak kita.

Kesimpulan Tips Belajar UN SMA yang Baik dan Benar:

Ada 8 tips belajar UN SMA yang baik dan benar, yaitu melebihkan jam belajar, menjauhkan gadget atau mematikan notifikasinya, jadikan belajar sebagai teman, belajarlah sesuai kisi-kisi yang diberikan, ikut belajar kelompok, berlatih dengan soal-soal tahun lalu, banyak membaca, dan belajar dengan latar yang baik.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: