Pilih Laman

Seringkali, karir dianggap sebagai  hal sepele bagi remaja. Padahal, karir adalah sesuatu yang bisa menentukan masa depan dengan lebih jelas. Coba deh, bedakan antara remaja yang sudah mulai menekuni dunia olahraga sejak remaja dengan remaja yang sama sekali belum menekuni bidang manapun, yang hanya asyik berhura-hura dengan waktu mereka. Tentunya akan sangat berbeda. Oleh karena itu, kamu harus tahu beberapa alasan kenapa kamu harus punya karir sejak remaja.

  1. Hidup itu Punya Tujuan yang Jelas

Kita pasti punya tujuan tertentu saat pergi ke suatu tempat. Begitu juga dengan hidup. Jangan sampai kamu jadi orang yang ga punya tujuan hidup. Kalau kamu punya tujuan hidup, kamu pasti akan terhindar dari kemalasan atau kegabutan.

Dengan punya tujuan hidup yang jelas, kamu bisa menyesuaikan karir apa yang ingin kamu tekuni. Berinvestasilah dengan waktumu. Habiskan masa remajamu dengan produktif, sehingga kamu bisa menikmatinya di masa tua nanti.

  1. Supaya Kamu Ga Menyalahgunakan Hobi

Hobi memang identik dengan hiburan bagi masing-masing orang. Nah, alangkah lebih baiknya kalau kamu multifungsikan hobi tersebut. Bagaimana maksudnya? Kamu jadikan hobimu sebagai sarana untuk meniti karir bahkan menghasilkan uang.

Begini, misalnya kamu hobi melukis. Kamu tekuni hobi itu dan jadikan itu sebagai karir kamu. Perluaslah pergaulan dengan sesama pelukis. Terus tekuni bidang itu hingga kamu benar-benar menjadi ahli.

Kalau kamu sudah lihai atau minimal punya personal branding yang oke, kamu juga pasti bisa menghasilkan uang. Sangat banyak cara dan jalan bagi kamu kalau kamu sudah punya personal branding sebagai pelukis.

  1. Menjalani Hidup dengan Efektif dan Efisien

Sekarang ini, banyak sekali remaja yang masih hobi hura-hura dan tidak punya kejelasan dalam hidup. Dengan punya karir sejak remaja, kamu bisa terhindar dari kegiatan hura-hura yang tidak membawa dampak apapun bagi kamu di masa depan.

Baca juga: Tips Mengatur Waktu Sehari-hari

Selain dengan punya karir, hidupmu juga lebih jelas, efektif, dan efisien. Jangan menuggu saat dewasa untuk punya karir cemerlang. Mulailah dari sekarang. Biasakan untuk menginvestasikan waktumu di masa depan.

  1. Hukum 10.000 jam untuk Jadi Ahli

Kalau dihitung-hitung, 10.000 jam itu sama dengan 1,1 tahun. Ya, kamu harus menghabiskan total waktu 1,1 tahun untuk menjadi orang yang ahli. Ingat ya, itu total dan ga mungkin, kan, kamu harus menghabiskan waktu 24 jam selama setahun untuk menekuni karir tersebut. Kamu pasti butuh tidur, sekolah dan istirahat.

Misalkan umur kamu sekarang 17 tahun dan kamu hanya punya waktu dua jam per hari untuk menekuni karir kamu. Itu berari kamu butuh 5.000 hari alias 13 tahun. Lama juga, bukan? Tapi kamu ga akan terbebani kalau hanya menyisihkan dua jam per hari. Lagipula, karir itu kan hobi kamu sendiri.

Alhasil, saat berusia 30 tahun, kamu sudah bisa jadi ahli dalam suatu karir. Hebat, bukan? Lagipula, kalau kamu memang fokus untuk menekuni karir tersebut dan jurusan kuliahmu sama dengan karir yang ingin kamu tekuni, jam yang kamu investasikan makin banyak dan makin cepat juga kamu jadi ahli.

  1. Ga Perlu Menunggu Dewasa untuk Jadi Sukses

Inilah alasan kenapa kamu harus menginvestasikan waktumu sejak remaja. Tidak perlu menunggu dewasa untuk jadi sukses. Ingat, ya, ga ada yang tahu kita hidup sampai umur berapa. Jadi, investasikanlah waktumu sekarang untuk cepat-cepat menikmati kesuksesan.

  1. Hidup itu Cuma Satu Kali

Yup, benar, hidup itu hanya satu kali. Tapi, bukan berarti kamu hanya berhura-hura menikmati hidup tanpa melakukan aktivitas yang bermanfaat. Alangkah lebih baiknya kalau kamu menikmati hidup sambil berkarir.

Itulah kenapa saya selalu menyarankan ke kamu untuk menekuni karir yang sesuai hobi kamu dan memilih karir yang cocok dengan kamu. Hal ini berguna agar kamu bisa tetap mempersiapkan masa depan dengan tidak merasa terbebani. Kalau kamu memang senang untuk melakukan aktivitas tersebut, kamu pasti juga akan terus menikmati karir tersebut.

  1. Kegiatan yang Multifungsi

Sama halnya dengan beberapa poin di atas. Jangan jadikan hobimu hanya sekedar hiburan, tapi juga sebagai karir dan dapat menghasilkan uang. Sehingga, kegiatanmu akan jadi multifungsi. Kalau sudah begitu, kamu bisa mendapatkan tiga fungsi hanya dengan melakukan satu aktivitas.

  1. Tidak Kehilangan Arah

Kalau kamu sudah punya tujuan hidup yang jelas, kamu juga pasti akan disibukkan dengan pencapai tujuan itu. Alhasil, kamu bisa terhindar dari hilang arah. Dengan begitu, kamu bisa membangun karir yang efektif.

  1. Terhindar dari Kemalasan dan Kegabutan

Sama halnya dengan poin di atas. Kalau kamu sudah disibukkan oleh karir, kamu pasti tidak punya banyak waktu untuk bermalasan. Kamu juga sudah mengemban tanggung jawab dan tugas yang tidak bisa kamu sepelekan begitu saja.

  1. Bisa Santai di Masa Dewasa dan Tua

Ini adalah alasan utama kenapa kamu harus punya karir sejak remaja, yaitu supaya kamu bisa santai saat dewasa dan tua. Syukur-syukur kalau kamu panjang umur, kamu bisa menikmati kemapanan lebih lama dan kamu bisa lebih fokus untuk menyiapkan kematian.

  1. Melatih Tanggung Jawab dan Disiplin Diri

Tanggung jawab dan disiplin diri akan kamu dapatkan juga saat kamu meniti karir. Tidak peduli berapapun usiamu saat ini, tugas tetaplah tugas yang harus kamu pertanggung jawab. Kamu juga harus disiplin dengan waktu agar kegiatanmu yang lain tidak terganggu.

  1. Terbiasa Menghadapi Masalah

Remaja yang sudah punya karir akan terbiasa dengan berbagai masalah yang menginggapinya. Masalah ini akan membuat dia lebih bijak dalam menghadapi sesuatu. Selain itu, kamu juga bisa belajar lebih cepat karena hidup ini pasti tidak luput dari permasalahan. Semuanya hanya tergantung bagaimana kita menikmati.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui masalah saat berkarir. Hal ini bisa membuat kamu lebih bijak dalam menangani semua masalah yang mungkin terjadi saat kamu menekuni karir tersebut.

  1. Menghidupi Diri Sendiri

Kalau kamu sudah bisa menghasilkan pundi-pundi uang dari karir yang sedang kamu tekuni, kemungkinan kamu untuk bisa menghidupi diri sendiri akan menjadi semakin besar. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi merepotkan orang tuamu.

  1. Menyiapkan Modal untuk Masa Depan

Masa depan juga butuh modal. Maka dari itu, investasikanlah waktumu untuk mencari modal tersebut. Kalau kamu sudah punya karir yang menghasilkan, kamu bisa menabung untuk mempersiapkan modal di masa depan.

Misalnya, kamu ingin punya bisnis saat dewasa nanti. Nah, ketika dewasa nanti kamu sudah punya modal sendiri untuk memulai bisnis tersebut, tidak perlu meminta dengan orang tua atau mencari pinjaman ke orang lain.

Baca juga: Cara Agar Tidak Boros Waktu

  1. Masa Remaja adalah Masa yang Produktif

Masa remaja adalah masa yang sangat produktif untuk melakukan berbagai hal. Kalau kamu sudah menginvestasikan masa produktifmu dengan hal yang bermanfaat, khususnya meniti karir, kamu pasti bisa menikmati hasilya saat dewasa atau tua nanti. Jadi, kamu tidak perlu bersusah payah lagi di masa tua hanya untuk sekedar makan.

  1. Mengenal Kehidupan yang Sebenarnya

Remaja terkadang masih bersifat kekanak-kanakan dan labil dalam memaknai hidup. Dengan punya karir sejak remaja, kamu bisa mengenal kehidupan yang sebenarnya. Bagi kamu yang terlahir dari keluarga kaya raya, tetaplah berkarir dan bangunlah kesuksesanmu sendiri.

  1. Mandiri

Kalau kamu sudah punya karir sejak remaja, maka kamu bisa mandiri dalam banyak hal. Mandiri dalam finansial atau keuangan, mandiri dari segi mengambil keputusan, dan mandiri dalam hal waktu.

Kesimpulan kenapa kamu harus punya karir sejak remaja:

Hidup itu punya tujuan yang jelas, supaya kamu ga menyalahgunakan hobi, menjalani hidup dengan efektif dan efisien, hukum 10.000 jam untuk jadi ahli, ga perlu menunggu dewasa untuk hidup sukses, hidup itu cuma satu kali, kegiatan yang multifungsi, tidak kehilangan arah, terhindar dari kegabutan, bisa santai di masa dewasa dan tua, terbiasa menghadapi masalah, terbiasa bertanggung jawab, menghidupi diri sendiri, menyiapkan modal di masa depan, masa muda adalah masa yang produktif, mengenal kehidupan yang sebenanrya, dan, mandiri.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: