Pilih Laman

Sebagai remaja, mungkin kita masih berada di masa yang main-main, masa yang tidak mau terlalu memikirkan hal-hal yang berat, apalagi memikirkan bisnis yang dianggap bukan hal yang mudah bagi sebagian remaja. Namun, Anda harus tahu kenapa mulai membangun bisnis sejak remaja itu penting untuk masa depan Anda.

Baiklah, pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai pentingnya mulai membangun bisnis di usia muda. Mungkin Anda belum mengetahui atau merenungkan lebih dalam sehingga Anda masih sibuk bermain-main dan menghabiskan waktu mudah dengan aktivitas tanpa produktivitas. Yuk, langsung saja kita bahas mengenai pentingnya memulai bisnis.

1. Belajar Mandiri

Dengan mulai belajar berbisnis, itu berarti Anda juga belajar untuk menjadi remaja yang lebih mandiri dari sekarang. Coba bayangkan. Jika Anda tidak melatih kemandirian, maka Anda kan terjebak di luar zona nyaman. Anda hanya bertahan di zona nyaman Anda tanpa mau bergerak untuk meninggalkannya.

Seperti apa zona nyaman itu? Meminta uang kepada orang tua. Memang, bukan berarti kita harus segera mandiri dan menanggung biaya hidup sendiri tanpa bantuan uang dari orang tua. Namun, mulailah belajar mandiri sedikit demi sedikit. Tidak ada salahnya, bukan?

Mungkin, Anda bisa meminimalkan meminta uang untuk membeli keinginan Anda. Misalkan Anda ingin membeli handphone baru, Anda sebaiknya mulai memikirkan bagaimana cara untuk mendapatkan uang. Tentunya yang halal dan tidak melanggar hukum. Nah, salah satu caranya adalah dengan berbisnis.

Anda tidak perlu gaya-gayaan langsung memilih bisnis yang besar dan hebat. Namun belum menjanjikan apakah itu disukai pasar atau tidak. Mulailah dari yang kecil dulu. Setidaknya, Anda harus mulai belajar membangun sistem dan juga tahu cara berjualan.

Nah, dengan begini, Anda akan makin terbiasa hidup mandiri. Tentunya bukan dalam hal keuangan saja yang menjadikan Anda lebih hebat. Namun kemandirian juga akan menumbuhkan karakter Anda di luar zona nyaman. Termasuk perantauan. Juga dapat membuat Anda tetap tangguh meskipun dalam keadaan kesulitan keuangan. Karna Anda sudah melatuh skillnya sejak remaja.

2. Sayang Umur

 Salah satu alasan kenapa mulai membangun bisnis sejak remaja itu penting adalah karena umur kita terlalu singkat. Loh, bukannya terbalik, bukankah harusnya kita nikmati? Ya, tentu saja harus dinikmati. Anda juga harus menjawab pertanyaan ini,

“Kapan Anda mau mulai membahagiakan orang tua Anda, meringankan beban mereka dalam memenuhi kebutuhan hidup Anda? Apakah Anda yakin jika umur mereka masih panjang? Inginkah Anda membahagiakan mereka dengan memenuhi kebutuhan mereka sebagai balas jasa yang memang tidak bisa terbalas dengan sempurna?”

Hayoo. Nah, mumpung masih muda, ayo hidup lebih produktif dan mulai membangun kerajaan bisnis kita sendiri. Kita tentunya sangat ingin membahagiakan orang tua kita dan memenuhi segala kebutuhan mereka, bahkan membelikan apa yang mereka inginkan. Nah, salah satu caranya adalah bisnis.

Baca juga: Ternyata Ini 7 Tips Memulai Bisnis Sejak Remaja

3. Mumpung  Badan dan Pikiran Masih Bugar

Masa remaja adalah masa dimana badan kita masih sangat bugar dalam melakukan banyak aktivitas. Nah, kenapa modal ini tidak kita manfaatkan dengan baik dalam membangun bisnis? Memang, usia muda memang masih sangat labil. Namun, tidak ada salahnya untuk memulai terlebih dahulu, bukan?

Semua hal butuh proses. Termasuk dalam membangun bisnis. Jangan baper jika sedang gagal. Karena lebih baik kita membayar semua kegagalan itu di awal. Biarkan kita habiskan masa muda dengan kegagalan yang membuat kita belajar lebih cepat untuk menjadi hebat.

Selain itu, pikiran kita yang lebih segar dibandingkan orang-orang yang sudah berumur, harus kita manfaatkan dengan baik. Ide-ide segar dalam membangun bisnis mungkin akan bermunculan. Nah, ini akan menjadi modal besar bagi Anda untuk sukses dalam membangun bisnis Anda.

4. Antisipasi dengan Lowongan Pekerjaan

Bukan menjadi rahasia umum mengenai keadaan di Indonesia ini. Banyak sarjana yang kesulitan mencari lowongan pekerjaan. Hal ini karena sarjana yang kurang cakap dalam mengaplikasikan ilmu yang dia pelajari membuat berbagai lowongan tidak pas untuknya. Juga karena persaingan yang semakin ketat.

Daripada Anda sibuk mencari lowongan pekerjaan nantinya, tidak ada salahnya Anda saja yang malah menciptakan lowongan pekerjaan itu. Ya, dengan berbisnis, apalagi Anda sudah memiliki sistem yang kuat, Anda bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk orang lain. Tentu hal ini merupakan hal postif, bukan?

Nah, jadi jangan ragu untuk memulai berbisnis. Lupakan semua masalah yang membuat Anda ragu karena itu sebenarnya bukanlah sebuah halangan dalam memulai bisnis. Itu adalah hal yang perlu dipecahkan dan dicari tahu bagaimana cara menaklukannya. Dengan begitu, kita akan lebih menghargai proses dan pembelajarannya, bukan hasil.

5. Curi Start

Dengan belajar berbisnis sejak remaja, Anda bisa mencuri start dari teman-teman Anda yang kini masih asyik dengan pasangannya, yang masih asyik dengan perkuliahannya. Hal ini, karna bisnis juga butuh dipelajari. Jika Anda sudah belajar lebih dulu, maka kemungkinan Anda akan tiba lebih dulu di gerbang kesuksesan sangatlah besar.

Semua ini memang tergantung dengan kegigihan Anda. Mungkin memang awalnya Anda akan terlihat lebih terpuruk, dianggap kurang gaul, terlalu banyak memikirkan hal yang rumit, terlalu dewasa, dll. Namun ini hanya proses. Ini hanya awal. Anda jangan menyerah begitu saja.

Jika Anda sudah lebih dulu mengawali dan memulai proses tersebut, maka akan lebih mudah untuk menjadi hebat karena Anda sudah menghabiskan waktu lebih banyak daripada teman Anda yang sama sekali belum memulai. Waktu juga merupakan aspek yang penting dari sebuah proses.

Salah satu alasan kenapa mulai membangun bisnis sejak remaja ini sebaiknya mulai Anda renungkan. Namun ingat, bukan hanya masalah seberapa awal Anda memulai. Namun, bagaimana Anda mampu mengakhirinya dengan baik. Jadi, pastikan Anda benar-benar teguh untuk menjalankan apa yang sudah Anda mulai dan menuntaskannya dengan baik.

Kesimpulan tentang Kenapa Mulai Membangun Bisnis Sejak Remaja itu Penting?

Ada 5 alasan penting kenapa kita harus mulai membangun bisnis, yaitu belajar mandiri, sayang umur, mumpung badan dan pikiran masih segar, antisipasi dengan lowongan pekerjaan, dan sayang umur.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: