Mungkin beberapa dari kita sudah memiliki keinginan dan tekad yang kuat dalam berbinsis. Namun, kendala utama yang menghinggapi pikiran kita adalah “takut”. Ya, takut untuk memulai. Hal ini bisa dikarekanan kita merasa tidak memiliki sama sekali ilmu berbisnis sehingga merasa belum layak untuk membangun bisnis.

Jika saat ini Anda tidak pernah memulai bisnis dan hal itu menjadikan Anda tangun dalam membangun bisnis online maupun offline, lantas, kapan Anda akan menjadi hebat dalam berbinis. Ya, beranilah dulu untuk memulai bisnis.

Tidak masalah jika bisnis yang Anda mulai ini belum baik. Anda harus belajar untuk menjadi lebih baik lagi seiring berjalnnya waktu. Nah, namun Anda beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam membangun bisnis dari nol. Hal ini agar setidaknya Anda terhindar dari kerugian, bahkan hutang.

Apa saja hal yang harus diperhatikan dalam membangun bisnis dari nol? Simak pembahasan kita di bawah ini:

1. Target Pasar

Tentukan dulu bagaimana target pasar Anda dalam membangun bisnis. Apakah seorang pelajar, seorang mahasiswa, ibu-ibu pengajian, anak-anak, atau yang lainnya. Hal ini agar Anda bisa menentukan titik fokus dalam menargetkan penjualan serta branding bisnis Anda.

Nah, misalkan Anda ingin berbisnis jilbab. Itu berarti target pasar Anda adalah para wanita yang berjilbab. Spesifikasikan lagi, usia berapakah wanita yang Anda targetkan. Apakah hanya para ibu-ibu, para wanita muda, anak-anak, atau bahkan untuk semua tipe wanita.

Semakin Anda ahli dalam menentukan target pasar Anda, maka bisnis Anda akan semakin tertarget penjualannya. Jadi, tolong perhatikan hal ini. Ini sangat penting dalam membangun bisnis yang dimulai dari nol. Dengan begitu, setidaknya Anda memiliki gambaran siapakah yang akan Anda pancing.

2. Modal

Dalam memulai bisnis dari nol, Anda sebaiknya tahu berapa banyak modal yang harus Anda sediakan atau Anda keluarkan. Hal ini agar Anda bisa siap dalam hal keuangan dan bisa mengadakan bahan ataupun alat yang dibutuhkan.

Untuk Anda yang tidak memiliki modal sepeserpun, sebaiknya Anda mulai menjadi reseller suatu produk atau perusahaan yang tidak mengharuskan uang di muka. Misalnya seperti menjadi reseller yang bejualan secara online. Anda bisa mempromosikan barangnya tanpa Anda harus membeli terlebih dahulu.

Nah, ini akan melatih Anda untuk berjualan. Meskipun itu bukan produk dari perusahaan Anda. Namun, setidaknya, uang tersebut bisa Anda tabung dan dijadikan modal untuk membangun bisnis Anda sendiri. Inilah yang harus Anda perhatikan dalam membangun bisnis dari nol.

Baca juga: strategi dalam memulai bisnis

3. Partner

Tidak ada salahnya Anda mengajak orang lain dalam membangun binsis. Hal ini agar lebih efektif, baik dalam hal pengembangan, modal, maupun kerja. Nah, Anda tetap harus memperhatikan aspek ini. Jangan sembarang bekerja sama dengan seseorang yang Anda tidak tahu karakternya.

Cobalah untuk memahami dulu bagaimana karakter partner bisnis Anda. Memiliki partner bisnis tidak harus yang sepemikiran dengan Anda. Bahkan, tidak masalah jika bertolak belakang. Asalkan hal itu tidak membuat hubungan jadi makin terpecah.

Kenapa sebaiknya bertolak belakang? Tentu saja untuk saling melengkapi kekurangan dan kelebihan masing-masing. Misalkan Anda tipe orang yang tidak pandai berjualan dan partner Anda adalah penjual yang handal. Ini akan melengkapi kekurangan Anda. Begitu juga sebaliknya.

Namun ingat, kelebihan dan kekurangan yang dimiliki haruslah seimbang. Jangan sampai nantinya hanya Anda saja yang bekerja atau aktif. Mungkin juga sebaliknya, hanya partner Anda saja yang aktif dalam mengembangkan bisnis. Hal ini akan menyebabkan kerenggangan bahkan kehancuran binsis.

Hal utama yang perlu diperhatikan dalam bekerja sama dengan partner adalah dengan menyatukan visi misi dalam berbisnis. Jangan hanya memikirkan uang saja dan fokus pada keuntungan sebanyak-banyaknya. Namun sisipkan tujuan lain yang lebih spiritual daripada materialistis. Dengan begitu, partner Anda akan memiliki misi yang sama dengan Anda.

4. Produk atau Jasa

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam membangun binsis dari nol adalah menentukan jenis produk ataupun jasa yang akan dijual oleh bisnis Anda. Hal ini merupakan kunci utama dalam berbinis. Jika Anda berjualan batu akik, namun batu akik sudah tidak terlalu booming lagi, itu merupakan keputusan yang kurang tepat.

Nah, cobalah lebih banyak dan sering meluangkan waktu untuk riset produk yang disukai dan dibutuhkan pasar. Ingat, kunci utama dalam menjual jasa maupun produk adalah dengan mengetahui apa yang dibutuhkan oleh manusia atau target pasar Anda.

Nah, dengan begitu, Anda jadi lebih tahu apakah bisnis Anda ini tepat atau tidak untuk memulai. Memang kita harus berani memulai. Namun, kita juga harus memperhitungkan seberapa baik bisnis Anda untuk dijalankan. Jangan sampai Anda gegabah dan menjadikan Anda memiliki lebih banyak hutang dari sebelumnya.

Kesimpulan tentang Hal yang Harus Anda Perhatikan dalam Membangun Bisnis dari Nol:

Ada 4 hal yang harus Anda perhatikan dalam membangun bisnis dari nol, yaitu target pasar, modal, partner, produk dan jasa.