6 Cara Belajar untuk Ulangan Harian yang Efektif

cara belajar untuk ulangan harian

Ulangan harian seringkali menjadi momok menakutkan bagi sebagian pelajar. Namun, ada yang memilih untuk peduli, ada juga yang memilih untuk tidak peduli. Saya yakin, kalau kamu membaca artikel ini berarti kamu memilih untuk peduli dengan ulangan harian. Itulah kenapa kamu ingin tahu mengenai cara belajar untuk ulangan harian.

  1. Tentukan Tujuan Pembelajaran Sebelum Membaca Materi

Sebelum mempelajari materi tertentu, ada baiknya kamu menentukan terlebih dahulu apa saja tujuan yang ingin kamu capai setelah mempelajari materi tersebut. Misalkan, apa saja yang ingin kamu tanyakan pada materi tersebut.

Contohnya begini. Misalkan kamu ingin membaca materi mengenai genetika. Nah, sebelum membaca, kamu harus menentukan dulu apa yang ingin kamu ketahui tentang genetika. Misalnya, artinya, jenis-jenisnya, apa saja yang penting, dan sebagainya.

Kamu bisa melihat tujuan pembelajaran yang biasanya tersedia di awal bab. Itu akan memudahkan kamu dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dengan begini, proses belajar kamu tidak hilang begitu saja tanpa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan apapun.

  1. Catat Poin-poin Penting

Supaya kamu sukses ulangan harian, kamu sebaiknya mencatat poin-poin penting dari bab atau materi yang sedang kamu pelajari. Dengan begini, kamu akan jadi lebih mudah dalam mengulangi bab atau materi tersebut di waktu yang akan datang.

Cara belajar ini juga bisa menghemat waktumu jika kamu ingin belajar lagi mengenai materi tersebut. Alhasil, waktu yang kamu gunakan untuk belajar semakin efektif dan efisien dengan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Baca juga:

Tips Belajar UN SMA yang Baik dan Benar

Cara Belajar UN SMP yang Efektif untuk Ditiru

  1. Buat Mind Map

Mind map adalah sebutan untuk peta pikiran. Dengan mind map, kamu bisa melihat seberapa mengerti kamu terhadap pelajaran yang sudah kamu pelajari. Ini juga bisa memetakan materi tersebut di dalam otakmu sehingga kamu akan lebih mudah mengerti.

  1. Pahami Hingga ke Akar-akarnya

Karena ini hanya berbasis ulangan harian. Kamu seharusnya punya kesempatan dan waktu yang cukup untuk memahami materi tersebut dengan baik, bahkan hingga ke akar-akarnya. Kalau memang tidak memungkinkan, itu salahmu sendiri yang tidak mempersiapkan waktu yang cukup untuk mempersiapkannya.

Kalau kamu terbiasa untuk memahami materi hingga ke akar-akarnya, Ujian Semseter ataupun Ujian Nasional kamu juga kan lebih mudah untuk dipersiapkan. Jadi, biasakanlah untuk memahami materi secara mendetail ketika menghadapi ulangan harian.

  1. Mencoba Menjawab Soal

Dengan menjawab soal, kamu bisa tahu apakah kamu sudah mengerti materi tersebut atau belum. Kalau belum, itu berarti kamu harus mengulangi materi tersebut lagi dan mencoba menjawab soal-soal yang berhubungan dengan materi itu.

Baca juga: cara belajar bahasa Inggris Otodidak

Soal-soal juga akan membantu kamu untuk lebih memahami materi dengan lebih baik lagi sehingga nilai ulangan harian kamu pun akan makin sempurna. Tentunya kamu ingin mendapat nilai yang bagus saat ulangan harian, bukan?

  1. Memahami Pembahasan dan Jawaban Soal yang Sudah Dikerjakan

Jangan hanya menjawab soalnya saja, tapi pahamilah soal tersebut. Baca dan pahamilah pembahasan yang ada  di kunci jawaban. Kalau memang tidak ada kunci jawaban beserta pembahasan, mungkin kamu bisa bertanya dengan teman atau gurumu. Selagi kamu mau berusaha, pasti akan bisa.

Jika kamu bisa memahami setiap soal dengan baik, maka kamu akan semakin paham dnegan materi tersebut. Nah, tentunya kamu tidak mengalami kesulitan saat menghadapi ulangan harian. Jadi, semua tergantung kemauan dari diri kamu sendiri.

Kesimpulan Cara Belajar untuk Ulangan Harian

Ada 6 cara belajar untuk ulangan harian, mulai dari menentukan tujuan pembelajaran sebelum membaca materi, catat poin-poin penting, buat mind map, pahami hingga ke akar-akarnya, menjawab soal, dan memahami pembahasan dari soal yang dikerjakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *