5 Cara Belajar SBMPTN tanpa Bimbel dengan Mudah

cara belajar SBMPTN tanpa bimbel

SBMPTN cukup membuat para siswa kewalahan bahkan jadi ketakutan dalam mempersiapkannya. Tidak sedikit orang tua yang rela mendafarkan anaknya ke berbagai bimbel SBMPTN yang cukup menguras uang. Namun, sebenarnya, kamu bisa, kok, lulus SBMPTN tanpa bimbel.  Bagaimana cara belajar SBMPTN tanpa bimbel?

  1. Belajar Online

Ada banyak sekali media belajar online yang bisa membantu kamu dalam mempersiapkan SBMTPN, entah itu gratis ataupun berbayar. Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi kamu untuk tidak bisa belajar SBMPTN.

Kamu bisa mengakses zenius.net, quipper, ruangguru, Ini Budi, dan sebagainya. Kalau memang kamu ingin yang benar-benar gratis, kamu bisa belajar dari Khan Academy ataupun melalui youtube. Ada banyak sekali yang menyediakan secara gratis. Jadi, jangan beralasan karena tidak ada media belajar untuk mempersiapkan SBMPTN lagi, ya.

Baca juga: Tips Belajar UN SMA yang Baik dan Benar

  1. Gabung ke Grup Belajar di Internet

Kamu bisa bergabung grup SBMPTN di line, whatsapp, ataupun facebook. Semuanya hanya tergantung seberapa ingin kamu maju dan seberapa aktif kamu dalam bertanya dan menjawab soal-soal SBMPTN. Grup tersebut bisa kamu manfaatkan dengan gratis tanpa harus bimbel.

  1. Mengumpulkan Soal-soal Gratis di Internet

Jangan beralasan untuk tidak bisa mengakses soal-soal SBMPTN tahun lalu. Ada banyak sekali soal-soal SBMPTN yang bisa kamu download secara gratis di internet. Contoh mudahnya saja adalaah Blog Pak Anang. Di blog tersebut, ada banyak sekali soal-soal SBMPTN yang bisa kamu download.

  1. Tanya Jawab dengan Teman

Kamu bisa memanfaatkan teman sekelas ataupun sengakatan kamu untuk bertanya dan menjawab pertanyaan. Meski cara belajar SBMPTN tanpa bimbel ini terkadang disepelekan, namun ini bisa kamu lakukan, loh.

Dengan banyak tanya jawab soal dengan teman, kamu akan belajar secara tidak sadar. Ya, terkadang ketika kamu sedang bermain sambil menanyakan atan menjawab soal-soal SBMPTN, kamu akan jadi tidak sadar kalau kamu sedang belajar juga. Alhasil, kamu jadi tidak terlalu terbebani dalam belajar.

Baca juga: Cara Belajar Biologi dengan Cepat

  1. Membuat Ringkasan Materi

Sebaiknya, kamu membaut ringkasan materi dalam mempersiapkan SBMPTN. Hal ini supaya kamu bisa belajar dengan lebih efektif. Bayangkan saja betapa banyaknya materi yang harus kamu kuasai. Jadi, alangkah lebih baiknya kalau kamu bisa meringkas dan memperkecil bahan materimu.

Namun, jangan salah dengan meringkas. Meskipun kamu sudah meringkas materi tersebut, kamu harus tetap memperdalam pemahamanmu pada materi tersebut. Jadi, intinya, materi yang kamu ringkas itu tetap mencakup bahasan yang luas dalam bab tersebut.

Kesimpulan dari Cara Belajar SBMPTN Tanpa Bimbel:

Ada 5 cara belajar SBMPTN tanpa bimbel, yaitu belajar online, gabung ke grup belajar di internet, mengumpulkan soal-soal gratis di internet, tanya jawab dengan teman, dan membuat ringkasan materi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *