Banyak orang yang menghabiskan uang jutaan untuk memasukkan anaknya ke bimbel bahasa inggris terbaik. Untuk kamu yang tidak memiliki cukup uang ataupun waktu untuk kursus bahasa inggris, mungkin kamu perlu cara belajar bahasa inggris otodidak, yaitu:

  1. Menentukan Sumber Materi/Hafalan

Sebelum memulai belajar bahasa inggris, ada baiknya kamu menentukan dulu sumber materi/hafalan  bahasa inggris. Mungkin, kamu ingin belajar grammar, toefl, listening, dan sebagainya. Kamu tentukan dulu.

Kamu bisa mendapatkan berbagai sumber pelajaran bahasa inggris dari internet ataupun buku. Sekarang teknologi sudah sangat canggih. Jadi, jangan beralasan lagi kalau kamu tidak punya sumber pembelajaran bahasa inggris.

  1. Membuat Sistem Pembelajaran

Kamu perlu membuat sistem pembelajaran sendiri agar belajar bahasa inggris yang kamu lakukan secara otodidak bisa terselenggara dengan baik.  Oleh karena itu, kamu sebaiknya bisa menyusun sistem belajar sendiri.

Misalnya, kamu menetapkan kalau jam belajar bahasa inggrismu setiap 3 hari dalam seminggu dari jam 4 hingga 5 sore. Ini hanya contoh saja. Kamu bisa menyesuaikan dengan kondisi dan situasi kamu saat ini.

  1. Menonton Film Bahasa Inggris tanpa Subtitle

Menonton film bahasa inggris tanpa subtitile bisa menjadi alternatif bagi kamu untuk mempelajari bahasa inggris secara otodidak. Selain untuk menghibur kamu, kamu juga jadi terbiasa dalam mendengarkan bahasa inggris.

Baca juga:

Tips Belajar UN SMA yang Baik dan Benar

Cara Belajar untuk Ulangan Harian

 

  1. Mengulang-ulang Hafalan

Ada baiknya kamu mengulang-ulang hafalan kamu supaya apa yang sudah kamu lakukan tidak hilang begitu saja. Kalau kamu hanya menghafal sekali, mana bisa nempel. Namun, kalau kamu selalu mengulang-ulang, otak kamu akan secara tidak sadar mengingatnya.

  1. Menulis dengan Bahasa Inggris

Menulis bahasa inggris bisa menjadi alternatif bagi kamu yang hobi menulis. Selain untuk mengembangkan bakat dalam menulis, kamu bisa sekalian belajar bahasa inggris. Nah, kalau kamu bisa melakukan berbagai hobi dengan bahasa inggris, maka secara tidak sadar kamu juga sudah mempelajari bahasa inggris itu sendiri.

  1. Mencari Teman Chatting

Teman chatting yang berasal dari luar negeri dan juga mengerti bahasa inggris bisa membuat kamu jadi tambah terbiasa untuk berkomunikasi baik melalui lisan ataupun tulisan. Jadi, perbanyaklah pergaulanmu hingga ke penjuru dunia, ya.

  1. Membaca Cerita/Informasi Bahasa Inggris

Ini bisa menjadi alternative bagi kamu dalam mempelajari bahasa inggris. Untuk kamu yang hobi membaca, ada baiknya kamu mulai membiasakan diri untuk membaca berita ataupun cerita yang berbahasa inggris.  Cara ini cukup efektif karena selain mendapatkan informasi, kamu juga bisa mempelajari bahasa inggris.

  1. Mencari Arti Kata-kata Sulit

Jangan menghindari kata-kata sulit. Carilah arti dari kata tersebut dan jadikan itu sebagai umpan agar kamu bisa lebih baik lagi dalam belajar bahasa inggris. Cara belajar bahasa inggris otodidak di atas tidaklah berguna kalau kamu tidak melakukan rurinitas ini.

Kesimpulan Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak:

Ada 8 cara belajar bahasa inggris otodidak, yaitu menentukan sumber materi/hafalan, membuat sistem pembelajaran, menonton film bahasa inggris tanpa subtitle, mengulang-ulang hafalan, menulis dengan bahasa inggris, mencari teman chatting, mencari cerita/informasi bahasa inggris, dan mencari arti kata-kata sulit.