Pilih Laman

Beberapa dari kita mungkin sangat suka mengkritik orang lain yang tidak sependapat atau tidak sepehaman dengan kita. Hal ini karena sikap alamiah manusia yang sering sekali merasa dirinya benar dan orang lain salah. Padahal, tanpa kita sadari, mengkritik bukanlah hal yang baik untuk berhubungan dengan orang lain.

Hal ini terjadi karena beberapa alasan yang dirasa masuk akal. Nah, oleh karena itu kita akan membahas mengenai 5 alasan kenapa mengkritik itu tidak baik dalam berhubungan dengan orang lain. Simak pembahasan yang satu ini, ya!

1. Menyakiti Hati Orang Lain

Ya, tentu saja alasan pertama adalah karena kritikan akan menyakiti hati orang lain. Bahkan, bisa menimbulkan dendam yang merugikan diri sendiri maupun orang tersebut. Nah, kalau sudah begini, maka pertemanan pun akan semakin berkurang. Alhasil, lebih banyak muncul permusuhan dan hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, sebaiknya, Anda memikirkan hal ini. Ini bukanlah salah satu cara yang baik dalam membina hubungan baik dengan pelanggan ataupun rekan kerja. Kritik hanya akan menjatuhkan karir Anda. Ya, memang tidak bisa dipungkiri kalau terkadang dalam suatu karir membutuhkan kritik bahkan justru kritik tersebutlah yang menjadi hal wajib dalam suatu karir.

Namun, selagi bisnis maupun karir Anda tidak perlu menghadirkan kritik di dalamnya, cobalah untuk menghindarinya agar tidak banyak permusuhan yang akan terjadi. Memang, Anda tidak sepenuhnya dilarang untuk mengkritik. Namun, cobalah untuk memberi saran. Bukan memaki atau menghina.

Saran akan jauh lebih baik dan bijak daripada sebuah kritik yang bisa menyakiti siapa saja yang mendengarnya. Sebaiknya, awali dulu dengan pujian atau bagaimana Anda memandang orang atau sekelompok orang dengan sudut pandang yang positif. Kemudian, barulah coba untuk mengungkapkan sisi kekurangan atau kesalahannya.

Hal ini lebih bijak dilakukan daripada langsung menyemprot seseorang dengan perkataan yang menyakitkan dan negatif. Tentunya akan sangat tidak bijak. Nah, mulai sekarang, cobalah untuk lebih suka memberi saran daripada hanya memberi kritik yang tidak membangun.

Tahukah Anda, Thomas Hardy yang merupakan salah satu novelis terbaik dalam sastra inggris menolak untuk tidak lagi menulis fiksi hanya dari sebuah kritik. Bagaimana, sayang, bukan? Itulah kenapa kritik sangat berbahaya untuk seseorang. Entah itu yang dikritik ataupun yang mengkritik.

Sebuah kritik tampaknya bisa berakibat fatal dan menimbulkan luka di hati orang lain, bahkan orang yang sangat hebat sekali pun. Hal ini mungkin akan sangat merugikan bagi orang yang merasakan manfaat dari orang yang dikritik tersebut. Namun terlihat cukup menyenangkan bagi orang yang memusuhinya.

2. Menimbulkan Kebencian

Sama halnya dengan poin di atas. Salah satu alasan kenapa mengkritik itu tidak baik dalam berhubungan dengan orang lain adalah karena kritik bisa menimbulkan kebencian. Bagaimana tidak, jika kritik yang Anda lontarkan itu membuat seseorang merasa dihina, maka itu akan menimbulkan kebencian dalam hatinya.

Jadi, daripada kita saling ikut campur dengan kehidupan atau aktivitas seseorang, lebih baik saling mengingatkan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Dengan begitu, kita bisa menjadi lebih sukses dan bahagia daripada saat ini. Karena kritik bukanlah salah satu cara yang baik dalam membina hubungan saling percaya antara satu sama lain.

Kritik ibaratnya sesuatu yang akan kembali ke kita sendiri. Saat kita mengkritik seseorang yang mungkin kita butuhkan di saat-saat mendatang, maka jika kritik yang kita lontarkan itu menimbulkan kebencian, maka kritik akan menjadi bumerang bagi diri kita sendiri. Jadi, berhentilah mengkritik.

3. Dendam yang Akan Terus Tersimpan

Nah, kalau hal ini sudah terjadi, bisa gawat. Anda akan didendami oleh seseorang yang entah kapan akan terhapus dan termaafkan. Alangkah lebih baiknya jika hal itu bisa diminimalisir dengan cara menghindari mengkritik menggunakan kata-kata yang menyakitkan hati.

Jadi, kita harus saling menghargai satu sama lain agar tercipta pertemanan yang sehat dan saling menuntun ke arah yang lebih baik lagi. Ini akan jadi lebih bijak daripada harus saling melukai hati dengan perkataan-perkataan pedas. Ucapkanlah nasehat dengan tutur kata yang baik dan tidak menyinggung.

Salah satu cara terbaik untuk menciptakan kebencian yang hinggap bertahun-tahun di hati seseorang adalah dengan mengkritik. Ya, semudah dan sefatal itu mengkritik bisa menyebabkan kebencian bertahun-tahun yang mungkin sulit termaafkan sampai yang Anda kritik itu meninggal. Masihkah Anda ingin mengkritik orang lain yang tidak sepemahaman dengan Anda?

4. Muncul Doa yang Tidak Baik

Memang benar, doa yang tidak baik tidak akan dikabulkan. Namun, alangkah lebih baiknya jika kita dengan cepat mengatasi ini. Dengan cara apa? Dengan cara menghindari perdebatan dan juga mengkritik seseorang. Dengan begitu, pertemanan yang baru akan lebih mudah terjalin.

5. Meningkatkan Permusuhan

Memiliki banyak musuh bukanlah suatu cara menjadi anak yang berbakti karena jika kita punya banyak musuh, maka orang tua tentunya akan merasa malu. Ini sangat tidak baik bagi Anda dan keluarga. Nah, jadi, jangan sampai Anda jadi menimbulkan banyak permusuhan dari kritik yang sering kita lontarkan, ya.

Mengkritik adalah keadaan dimana kita memposisikan seseorang sebagai orang yang berlawanan pemikiran maupun perilakunya dengan kita. Hal inilah yang menjadikan kritik berakibat cukup serius pada pertemanan. Musuh bisa berdatangan dengan mudah saja hanya dengan mengkritik.

Kesimpulan tentang Alasan Kenapa Mengkritik itu Tidak Baik dalam Berhubungan dengan Orang Lain:

Ada beberapa alasan kenapa mengkritik itu tidak baik dalam berhubungan dengan orang lain, yaitu menyakiti hati orang lain, menimbulkan kebencian, dendam yang akan terus tersimpan, muncul doa yang tidak baik, dan meningkatkan permusuhan.

Solusinya adalah, berilah pujian dahulu terhadap sisi baik seseorang yang ingin Anda kritik. Lalu ungkapkanlah kesalahan dan kelemahannya dengan penyampaian yang baik. Berikan solusi terhadap kritk yang Anda sampaikan. Dengan begitu, orang tersebut akan lebih mudah menerima kritik dari Anda bahkan berterima kasih atas hal itu.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: