Semua orang pasti menginginkan kesuksesan. Namun, tidak semua orang yang siap berubah untuk mencapai kesuksesannya. Hal ini dikarenakan tidak adanya kemampuan dan kemauan untuk intropeksi diri sendiri. Tidak menyadari kesalahan apa yang masih terus dipelihara dan belum kunjung diperbaiki.

Baiklah, pada artikel yang satu ini, kita akan membahas mengenai apa saja kebiasaan yang harus dihindari jika ingin sukses. Simak pembahasannya di bawah ini:

1. Hindari Kebiasaan Mengeluh

Kadang kita tidak menyadari kalau kita sering sekali mengeluh dengan keadaan, seseorang, maupun diri kita sendiri. Hal ini memang sifat alamiah manusia. Namun, itu bukan berarti kita tidak bisa menghilangkan kebiasaan ini. Kebiasaan yang satu ini akan membuat diri kita selalu diliputi dengan peraan negatif dan sikap yang malas.

Kebiasaan mengeluh tanpa kita sadari secara tidak langsung akan membawa pengaruh negatif ke diri kita. Jika sudah begitu, maka kemalasan pun akan muncul juga dan akan membuat kita menjadi sangat malas dalam melakukan rutinitas sehari-hari.

Nah, kalau sudah begini, maka kesuksesan pun akan terhambat karena kita jadi enggan untuk melakukan kegiatan yang produktif dan bermanfaat untuk masa depan. Tentu Anda tidak ingin jika kesuksesan Anda terhambat, bukan? Jadi hindarilah kebiasaan mengeluh yang satu ini.

Hal mudah untuk menghentikan kebiasaan mengeluh adalah dengan selalu mengingatkan diri kita untuk bersyukur dengan apa yang kita miliki. Ini akan membuat hati kita jauh lebih damai dan tenang dariapda grasak grusuk mengluhkan apa yang kita miliki.

Selain itu, kita mungkin bisa sesekali membayangkan bagaimana jika apa yang kita miliki itu diambil. Nah, tentu kita tidak mau, bukan? Jadi. kita harus selalu mensyukuri keadaan kita saat ini. Kita juga harus menyadari kalau sebenarnya hidup yang kita keluhkan saat ini bisa jadi adalah hidup yang orang lain inginkan. Namun kita saja yang tidak menyadarinya dan tidak pandai bersyukur.

2. Hindari Menyalahkan Orang Lain

Salah satu cara yang baik dalam membina hubungan baik dengan teman sebaya atau siapapun adalah dengan tidak selalu menyalahkan orang lain atas kekacauan yang telah kita buat. Hal ini karena mungkin bukan sepenuhnya orang lain yang salah. Namun ada juga beberapa peran Anda dalam menyebabkan keadaan tersebut.

Nah, sangat penting untuk lebih banyak mengintropeksi diri kita, apa yang salah dari diri kita. Kalaupun orang lain yang melakukan kesalahan, mungkin ada juga salah kita, yaitu tidak mengingatkan mereka untuk lebih waspada pada hal tersebut.

Selain itu, dengan terlalu sering menyalahkan orang lain, itu akan membuat orang lain tidak terlalu menyukai kita meskipun dia tahu kalau dia salah. Malah sebaiknya kita menyikapinya dengan lapang namun juga tegas sehingga dia tidak ingin mengulanginya lagi.

Awalilah dengan pujian atas kinerja dia atau maksud baiknya kepada Anda atau kepada kepentingan bersama. Lalu kemukakan apa yang akan terjadi jika ini terus dia ulangi lagi sehingga akan merugikan dirinya sendiri dan orang lain. Setelah itu, baru ungkapkan kesalahan dia dan berikan solusi yang tepat.

Nah, ini akan lebih bijaksana daripada Anda hanya mengeluhkan kesalahannya tanpa mencari solusi yang tepat sebagai jalan keluar. Bahkan bisa membuatnya jengkel dan berniat untuk mengulangi hal yang sama. Jadi, Anda jangan hanya menyalahkan orang lain, tapi intopeksi kesalahan Anda dalam masalah tersebut dan beri solusi.

3. Hindari Perdebatan

Perdebatan akan mendatangkan banyak musuh dalam diri Anda. Jika Anda memiliki banyak musuh, maka itu akan membuat kesuksesan Anda terhambat karena akan banyak hal dan banyak orang yang akan menghalangi Anda. Entah itu ingin menjerumuskan karir atau bisnis Anda. Berusaha untuk menyaingi Anda, dll.

Nah, jika Anda sangat suka mendebatkan hal-hal yang tidak sependapat dengan Anda, Anda akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengumpulkan musuh. Nah, musuh itu akan berdampak negatif pada karir dan bisnis Anda. Kalaupun Anda harus bersaing, namun setidaknya bersaing secara sehat. Jangan sampai kompetitor Anda jadi berbuat yang tidak-tidak pada Anda demi memenangkan kompetisi.

4. Hindari Mengkritik tanpa Membangun

Salah satu kebiasaan yang harus dihindari jika ingin sukses adalah mengkritik. Kritik memang diperlukan. Namun, kritik yang tidak membangun sangat dibenci oleh kebanyakan orang. Hal ini hanya akan menambah kebencian dan permusuhan antara satu sama lain. Jadi, hindarilah kebiasaan ini. Berilah saran yang membangun karir ataupun skill orang lain. Bukan berniat menjatuhkannya.

Jaga juga cara bicara Anda. Jangn menggunakan bahasa yang ingin menjatuhkan, meremehkan, bahkan membuat orang lain putus asa. Namun gunakanlah bahasa pujian yang tulus terlebih dahulu. Baru berikan saran kepadanya untuk menutupi kelemehannya sehingga menjadi lebih sempurna lagi.

5. Hindari Memaki Orang Lain

Memaki bukanlah cara membina hubungan baik dengan mantan atau siapapun. Kita tidak boleh memaki yang akan membuat hati orang lain menjadi tersakiti. Lidah bisa menjadi pedang yang sangat mematikan bagi sebuah hubungan. Jadi, jangan sampai Anda tidak bisa bertutur kata dengan baik.

Nah, dengan tidak memiliki kebiasaan memaki, Anda juga akan terhindar dari musuh yang tidak menyukai Anda karena tidak suka dengan sikap dan perlakuan Anda terhadapnya. Ini akan membuat kesuksesan Anda jadi lebih lancar dan cepat.

Kesimpulan tentang 5 Kebiasaan yang Harus Dihindari Jika Ingin Sukses:

Ada 5 kebiasaan yang harus dihindari jika ingin sukses, yaitu hindari kebiasaan mengeluh, menyalahkan orang lain, perdebatan, mengkritik tanpa membangun, dan memaki orang lain.